Astagfirullah, Setelah Jara Mini Market Warga Palu Juga Berusaha Bobol Mesin ATM

Situasi di Palu, Sulawesi Tengah, semakin tidak menentu di tiga hari setelah terjangan tsunami Jumat lalu.
Warga memanfaatkan kondisi darurat di sana bukan cuma untuk menjarah minimarket, tetapi juga berusaha membobol mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM).
“Sudah ada lima kali percobaan penjarahan ATM yang diketahui polisi. Dari percobaan mengambil uang secara paksa dari ATM di Kota Palu, seluruhnya dapat digagalkan polisi,” kata Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto, di Mabes Polri, Jakarta, Senin (1/10).
Beberapa mesin ATM yang coba dijarah oleh warga terdapat di Jalan Touwa, Jalan S Parman, mesin ATM di Universitas Islam Al Khaerat, dan di SPBU Jalan Diponegoro.
“Saat upaya penjarahan ATM di Jalan S Parman, pelakunya bisa tertangkap,” jelas Setyo.
Setyo menambahkan, sejauh ini empat orang warga yang menjadi pelaku percobaan pembobolan mesin ATM telah diamankan. Mereka adalah Azwan (30), R (17), Zulkarnaen (25), dan Faisal (36).
“Saat ini keempatnya ditahan Polda Sulawesi Tengah. Sedangkan penjarah tiga ATM lainnya melarikan diri,” terang Setyo.


Polisi menangkap empat pria karena diduga akan membobol ATM di Palu. Keempat pelaku ditahan di Mapolda Sulawesi Tengah (Sulteng).

"Tersangka diamankan, empat orang atas nama A (30), R (17), Z (25), dan F (36). Saat ini ditahan Polda," kata Kadiv Humas Polri Setyo Wasisto melalui pesan singkat saat dimintai konfirmasi, Senin (1/10/2018).

Setyo menjelaskan percobaan penjarahan ATM ini tak hanya dilakukan keempat tersangka. Polisi mencatat sudah lima kali terjadi percobaan pembobolan ATM.

"Sejumlah orang mencoba menjarah secara beramai-ramai. Sudah ada lima kali percobaan penjarahan ATM yang diketahui polisi," ujar Setyo.

Beruntungnya, lanjut Setyo, semua upaya kejahatan itu bisa digagalkan aparat. Setyo menerangkan upaya pembobolan itu terjadi di Jalan Touwa, Jalan S Parman, Universitas Islam Al-Khaerat, dan SPBU di Jalan Diponegoro, Palu.

"Seluruhnya dapat digagalkan. Upaya pembobolan itu terjadi di empat ATM. Yang di Jalan S Parman inilah pelakunya bisa tertangkap," terang Setyo.

Setyo menambahkan ATM yang menjadi sasaran pembobolan adalah milik Bank Mandiri, BCA, BRI, dan Danamon. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kini aparat bersiaga di sekitar ATM.

"Untuk mencegah peristiwa serupa, sejumlah personel polisi disiagakan," tegas Setyo.

Setyo menuturkan para pelaku lainnya telah melarikan diri. "Ada tiga pelaku yang melarikan diri," tutup Setyo. (aud/nkn/detik.com)
https://news.detik.com/berita/4237567/polisi-tangkap-4-pria-yang-bobol-atm-di-palu

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Astagfirullah, Setelah Jara Mini Market Warga Palu Juga Berusaha Bobol Mesin ATM"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Usa Car Insurance - Promo Car Insurance | Potongan 25% | Beli Online di Futuready.com‎ Iklanwww.futuready.com/asuransi/mobil‎ Dapatkan Perlindungan lebih untuk Mobil Anda. Apply Disini Sekarang. Bisa Cicilan 0% Subsidi Premi s/d 2juta. Bayar via Transfer. Jaminan Klaim Mudah. Tanpa Survey. Beli Langsung Online. Tersedia Bengkel Resmi. Dapatkan Promo Menarik. Cakupan asuransi: Perlindungan Kecelakaan, Banjir, Gempa, Pencurian.s

Iklan Bawah Artikel

Usa Car Insurance Promo Car Insurance | Potongan 25% | Beli Online di Futuready.com‎ Iklanwww.futuready.com/asuransi/mobil‎ Dapatkan Perlindungan lebih untuk Mobil Anda. Apply Disini Sekarang. Bisa Cicilan 0% Subsidi Premi s/d 2juta. Bayar via Transfer. Jaminan Klaim Mudah. Tanpa Survey. Beli Langsung Online. Tersedia Bengkel Resmi. Dapatkan Promo Menarik. Cakupan asuransi: Perlindungan Kecelakaan, Banjir, Gempa, Pencurian.